Macam-macam Media Pembelajaran Berdasarkan Kelompoknya


Media dibagi menjadi beberapa kelompok atau macamnya, perbedaan antara satu dengan lainnya didasarkan pada karakteristik yang disesuaikan alat penca indra manusia. Berkembangnya teknologi informasi juga mempengaruhi berkembangnya media pembelajaran yang semakin canggih. Menurut Sutarman (2005:14) mengelompokkan media menurut karakteristiknya sebagai berikut: (1) media garafis, termasuk media visual. Contohnya: gambar, foto, sketsa, skema, bagan, grafik, poster dan kartun, (2) Audio, berkaitan dengan kemampuan indra pendengaran siswa. Contohnya: radio dan alat perekam, (3) Media proyeksi, berbasis pada pengguanan proyektor, (4) Multimedia, kombinasi dari berbagai media.
Berikut merupakan definisi secara umum mengenai macam-macam media pembelajaran yang berdarkan karakteristiknya:
a. Media Grafis
Media grafis adalah media pembelajaran yang menampilkan pada aspek visual berupa gambar yang sebagai objeknya. Media grafis contohnya berupa peta, grafik, bagan dan foto.
b. Media Audio
Media audio adalah media pembelajaran yang menyajikan suara atau audio yang berisi rekaman suara orang, hewan dan peristiwa pada saat kejadian.
c. Media Proyeksi
Media proyeksi adalah media yang berbasis pada proyektor. Media ini merupakan media yang modern karena sudah mengunakan teknologi dalam pembelajaran dan menampilkan audio visual.
d. Multimedia
Multimedia adalah media yang terbentuk dari berbagai media-media. Bermacam-macam media dikemas jadi satu media dengan aspek visual, audio, audio visual, dan proyeksi dengan kata lain multimedia adalah media yang komplek.
Arsyad (2011: 29) mengelompokkan media pembelajaran berdasarkan perkembangan teknologi menjadi empat kelas, antara lain:
a. Media hasil teknologi cetak.
b. Media hasil teknologi audio visual.
c. Media hasil teknologi yang berdasarkan komputer.
d. Media hasil gabungan teknologi dan cetak.

Related Posts:

0 Response to "Macam-macam Media Pembelajaran Berdasarkan Kelompoknya"

Post a Comment