SEJARAH BERDIRINYA RSUD Dr.R.SOSODORO DJATIKOESOEMO


ZAMAN SEBELUM KEMERDEKAAN
Sejak tahun 1924 Zending mendirikan poliklinik yang berlokasi di Jl.Teuku Umar dekat gereja Zending, Kemudian pihak zending memohon izin mendirikan rumah sakit tetapi di tolak, pihak Zending hanya di berikan izin memberikan rumah sakit mengelola rumah untuk orang miskin (armenhuis) yang lokasinya di RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, Jl. Dr. Wahidin Mulai tahun 1928.
Pada saat pendudukan Jepang tahun 1942, terjadi kekacauan yang mengakibatkan seluruh pegawai RS melarikan diri dan semua barang rumah sakit di rusak dan di bakar. Kemudian pemerintah Jepang mengangkat Direktur seorang warga jerman dan memanggil semua pegawai RS yang melarikan diri. Sejak saat itu mulailah dilakukan perbaikan dan pengembangan fasilitas pelayanan.

ZAMAN KEMERDEKAAN
Dalam kurun waktu 1946-1947 terjadi beberapa kali pergantian Direktur. Pada Tahun 1948 suasana perjuangan Bojonegoro dan sekitarnya mempengaruhi semangat dan perjuangan tenaga medis dan paramedis, termasuk dr. R Sosodoro Djatikoesoemo berangkat berjuang dan mendirikan RS Pembantu dan poliklinik di daerah perjuangan.
Pada bulan april tahun 1949 Direktur RS Bojonegoro dr.Gardjito digantikan oleh Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo. Pada saat beliau menjabat sebagai direktur banyak sekali kemajuan regulasi dan fasilitas di RS.Tahun 1964 terjadi banyak perkembangan pelayanan, diantaranya adalah pelayanan paviliun dan Rontgen. Pada tahun 1986 nama rumah sakit ditetapkan menjadi RSUD Dr. R Sosodoro Djatikoesoemo (SK Bupati No 203 Tahun 1990).

Related Posts:

0 Response to "SEJARAH BERDIRINYA RSUD Dr.R.SOSODORO DJATIKOESOEMO"

Post a Comment