KAJIAN PUSTAKA TENTANG KAMUS


Kamus
Kata kamus diserap dari bahasa Arab qamus, dengan bentuk jamaknya qawamis. Kata Arab itu sendiri berasal dari kata Yunani Ωκεανός (okeanos) yang berarti lautan. Definisi kamus secara mutlak mengartikannya kurang ada sumber yang kuat dalam hal ini, akan tetapi secara umum kamus merupakan sebuah kumpulan kata yang menerangkan maksud kata yang terkandung didalamnya dengan tujuan membantu menerjemahkan dan memahami sebuah kata. Kamus memiliki berbagai jenis dan bentuk dengan ciri yang khas didalamnya. Kamus ditinjau dari segi ukuran cetakan maka dibagi menjadi tiga yaitu : (1) Kamus Besar, kamus yang berukuran besar dan tebal. Contoh kamus besar adalah KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), (2) Kamus Kecil, kamus yang sering dijumpai dengan ukuran sedang. Contoh kamus Oxford (Indonesia-Inggris, Inggris-Indonesia)  (3) Kamus Mini, kamus yang bisa dimasukan saku.
Kamus ditinjau dari fungsinya yang khusus atau sering disebut kamus istimewa dibagi menjadi beberapa anatara lain : (1) Kamus Istilah, merupakan kamus yang berisikan istilah-istilah dalam suatu disiplin ilmu. (2) Kamus Etimologi, merupakan kamus yang berisikan tentang asal usul suatu perkataan dan asalnya katanya. (3) Kamus Tesaurus (perkataan searti), merupakan kamus yang berisikan tentang kat-kata yang sama artinya. (4) Kamus Peribahasa/Simpulan Bahasa, merupakan kamus yang berisikan makna dari sebuah pribahasa. (5) Kamus Kata Nama Khas, merupakan kamus yang berisikan nama-nama khas mengenai tempat, tokoh yang menunjukan ciri khas. (6) Kamus Terjemahan, merupakan kamus yang berisikan terjemahan dari satu bahasa ke bahasa lain. (7) Kamus Kolokasi, merupakan kamus yang berisikan padanan kata.
Kamus bisa dimanfaatkan sebagi media pembelajaran yang inovatif dan rujukan siswa untuk memperkaya kosa kata pelajaran sejarah dalam materi pra-aksara. Dengan adanya kamus siswa mampu belajar mandiri dan aktif mencari informasi tanpa bergantung kepada guru.

Kamus Digital
Kamus digital merupakan kamus yang berbentuk perangkat lunak komputer yang berisikan istilah atau kata didalamnya. Kamus digital ini pada dasarnya sama dengan kamu-kamus cetak dalam tata bahasa akan tetapi dikemas dalam bentuk perangkat lunak dan tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk membawanya. Menurut Harfatiani (2007:37) “kamus digital adalah kamus yang mengutamakan fasilitas elektroniks, yaitu fasilitas yang memungkinkan aplikasi pengolah kata memeriksa ejaan dari dokumen diketik”.

Related Posts:

0 Response to "KAJIAN PUSTAKA TENTANG KAMUS"

Post a Comment