FORMAT LS (LESSON STUDY)



BERITA ACARA PELAKSANAAN LESSON STUDY
(diisi oleh Guru Model)

MATA PELAJARAN                           : ........................................
SEMESTER                                         : ........................................
GURU MODEL                                   : ........................................
TANGGAL PELAKSANAAN LS        : ........................................

Waktu Kegiatan
..............................menit (dari jam ...... s/d ..........)
Tempat Kegiatan
Kelas :.........................
Pengamat
1.
2.
3.
4.
5.
Agenda Kegiatan Lesson Study
Perencanaan (Plan)               : .................. (menit)
Pelaksanaan Pembejaran (Do) : .................. (menit)
Diskusi Refleksi (See)            : .................. (menit)
ISI LAPORAN:
A.    Situasi Pelaksanaan Pembelajaran (antara lain: seting kelas, pembagian kelompok, media)





B.     Hasil Observasi Pembelajaran
1.         Temuan tentang Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan




b.      Kegiatan Inti




c.       Kegiatan Akhir



2.         Temuan tentang Kegiatan Pengamat




C.     Diskusi Refleksi
1.         Review alur pembelajaran



2.        Komentar tentang kegiatan belajar siswa berdasarkan hasil observasi (bukan opini/teori)


 Text Box: D. Masalah atau kendala yang muncul dalam pelaksanaan Lesson Study dan alternatif pemecahan masalahnya




E. Catatan penting dari diskusi refleksi untuk perbaikan pembelajaran dan pelaksanaan Lesson Study





F. Pelajaran Berharga (Lesson Learned) yang dapat dipetik dari pelaksanaan Lesson Study





G. Dokumen Pendukung
1. Daftar hadir Lesson Study
2. Seluruh Format Observasi
3. RPP, bahan ajar, media (jika media alat peraga harap difoto), dan instrumen penilaian yang digunakan dalam open class
4. Lesson Learned dari para peserta diskusi/refleksi
5. Notulen dalam diskusi refleksi
(dirumuskan dalam Berita Acara Pelaksanaan Lesson Study)
6. Jadwal Pelaksanaan Lesson Study
7. Foto-foto pelaksanaan kegiatan Lesson Study


Tuban,      Agustus 2017
Guru Model




_________________________




FORMAT OBSERVASI PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN LESSON STUDY
(diisi oleh Observer)
A. Apakah semua siswa benar-benar telah belajar tentang topik pembelajaran hari ini? Bagaimana proses mereka belajar? (disertai fakta kongkrit dan alasannya)
B. Siswa mana yang tidak dapat mengikut kegiatan pembelajaran pada hari ini? (harus didasarkan pada fakta konkrit yang diamati dengan disertai nama siswa)
C. Mengapa siswa tersebut tidak dapat belajar dengan baik? Menurut Anda apa penyebabnya dan bagaimana alternatif solusinya menurut Anda?
(disertai alasan, analisis yang mendalam, dan jika mungkin dasar rujukan yang sesuai)
D.  Bagaimana usaha guru dalam mendorong siswa yang tidak aktif untuk belajar?
E.  Pelajaran berharga apa yang dapat Anda petik dari pengamatan pembelajaran hari ini?




Catatan: Aspek-aspek lain yang dapat dicermati oleh observer antara lain difokuskan pada interaksi antar siswa dalam satu kelompok, interaksi siswa antar kelompok, interaksi siswa - guru, interaksi siswa - media/ sumber belajar, serta interaksi siswa - lingkungan.

Tuban,      Agustus 2017
Observer




_________________________




FORMAT OBSERVASI PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN LESSON STUDY
(diisi oleh Observer)
A. Apakah semua siswa benar-benar telah belajar tentang topik pembelajaran hari ini? Bagaimana proses mereka belajar? (disertai fakta kongkrit dan alasannya)
B. Siswa mana yang tidak dapat mengikut kegiatan pembelajaran pada hari ini? (harus didasarkan pada fakta konkrit yang diamati dengan disertai nama siswa)
C. Mengapa siswa tersebut tidak dapat belajar dengan baik? Menurut Anda apa penyebabnya dan bagaimana alternatif solusinya menurut Anda?
(disertai alasan, analisis yang mendalam, dan jika mungkin dasar rujukan yang sesuai)
D.  Bagaimana usaha guru dalam mendorong siswa yang tidak aktif untuk belajar?
E.  Pelajaran berharga apa yang dapat Anda petik dari pengamatan pembelajaran hari ini?




Catatan: Aspek-aspek lain yang dapat dicermati oleh observer antara lain difokuskan pada interaksi antar siswa dalam satu kelompok, interaksi siswa antar kelompok, interaksi siswa - guru, interaksi siswa - media/ sumber belajar, serta interaksi siswa - lingkungan.

Tuban,      Agustus 2017
Observer




_________________________




FORMAT OBSERVASI PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN LESSON STUDY
(diisi oleh Observer)
A. Apakah semua siswa benar-benar telah belajar tentang topik pembelajaran hari ini? Bagaimana proses mereka belajar? (disertai fakta kongkrit dan alasannya)
B. Siswa mana yang tidak dapat mengikut kegiatan pembelajaran pada hari ini? (harus didasarkan pada fakta konkrit yang diamati dengan disertai nama siswa)
C. Mengapa siswa tersebut tidak dapat belajar dengan baik? Menurut Anda apa penyebabnya dan bagaimana alternatif solusinya menurut Anda?
(disertai alasan, analisis yang mendalam, dan jika mungkin dasar rujukan yang sesuai)
D.  Bagaimana usaha guru dalam mendorong siswa yang tidak aktif untuk belajar?
E.  Pelajaran berharga apa yang dapat Anda petik dari pengamatan pembelajaran hari ini?




Catatan: Aspek-aspek lain yang dapat dicermati oleh observer antara lain difokuskan pada interaksi antar siswa dalam satu kelompok, interaksi siswa antar kelompok, interaksi siswa - guru, interaksi siswa - media/ sumber belajar, serta interaksi siswa - lingkungan.

Tuban,      Agustus 2017
Observer




_________________________




LESSON LEARNED REPORT
(Catatan pengalaman berharga saat mengikuti open lesson dan refleksi pembelajaran untuk seluruh pengamat)


Identitas Pembelajaran
Mata Pelajaran: ……………………….. Kelas: ……………….   Jumlah siswa: ………………

Topik:………………………………. ……….

Ringkasan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan :
Uraikan secara singkat kegiatan awal pembelajaran, dan waktu yang digunakan



Kegiatan Inti:
Uraikan secara singkat kegiatan inti, dan waktu yang digunakan



Kegiatan Akhir:
Uraikan secara singkat kegiatan akhir, dan waktu yang digunakan

Catatan Penting dari Diskusi Refleksi
Catat poin-poin penting dalam diskusi refleksi yang nanti sangat berguna di dalam penyusunan laporan

Pelajaran Berharga (lesson learned)
Uraikan secara rinci (sehingga jelas maksud dan konteksnya) pelajaran berharga yang Anda peroleh setelah mengamati pembelajaran dan mengikuti diskusi refleksi ada pembelajaran ini










Related Posts:

0 Response to "FORMAT LS (LESSON STUDY)"

Post a Comment