PEMBELAJARAN SEJARAH MENURUT PARA AHLI


Pembelajaran sejarah merupakan pelajaran yang kurang diminati oleh sebagian besar siswa karena berbagai penyebab. Pembelajaran merupakan upaya menciptkan kondisi dengan sengaja agar tujuan pembelajaran dapat dipermudah (facilitated) pencapainnya (Sudirjo & Eveline, 2004:4). Pembelajaran adalah sebuah proses yang mana sengaja dirancang untuk menciptakan terjadinya aktifitas belajar dalam individu (Pribadi, 2009:10). Jadi dapat disimpulkan secara garis besar pembelajaran adalah suatu proses dimana terkondisikan dengan sengaja untuk terciptanya aktifitas belajar.
Menurut I Gde Widja (1989: 91) sejarah adalah studi keilmuan tentang segala sesuatu yang telah dialami manusia di waktu lampau dan yang telah meninggalkan jejak-jejaknya di waktu sekarang. Menurut Van Der Mulen dalam Ismain (2003:1) menyatakan “tercantumnya sejarah dalam kurikulum sekolah dimaksudkan untuk membangun kepribadian mental siswa”. Sejarah merupakan mata pelajaran yang terjadi pada masa lampau dengan tujuan membangun karakter siswa. Hal ini selaras dengan kurikulum 2013 yang mengutamakan pendidikan karakter. Jadi pembelajaran sejarah adalah proses dimana terkondisikan dengan sengaja untuk mempelajari studi keilmuan yang telah di alami manusia diwaktu lampau bertujuan untuk membangun kepribadian mental siswa.

Related Posts:

0 Response to "PEMBELAJARAN SEJARAH MENURUT PARA AHLI"

Post a Comment