Revolusi Perancis Dari Tahun 1787-1789


Revolusi Prancis merupakan perubahan bentuk pemerintahan dari bentuk kerajaan menjadi bentuk republik. Revolusi Prancis meletus pada tanggal 14 Juli 1789, pada masa pemerintahan Raja Louis XVI. Revolusi Prancis di tandai dengan penyerbuan “Penjara Bastille” yang merupakan lambang absolutisme raja.
Sebab-sebab Umum Yang Terjadi Di Prancis
Masalah keuangan negara, karena kas negara kosong, para bangsawan yang semula bebas pajak akan dikenai pajak, para bangsawan menolak rencana ini sehingga timbul krisis antara raja dan bangsawan.Jadi, kesimpulan sabab musabab yang telah ditulis di atas adalah kesimpulan dari yang saya akan tulis(Furet & Richet, 1989: 96). Perang kemerdekaan Amerika Serikat tidak hanya memungkinkan warga perancis menjadi akrab denganrevolusi Amerika, tetapi juga memperparah krisis keuangan yang bertahun-tahun di derita Perancis secara kronis : dampak burk tersebut merupakan salah satu yang segera akan mencetuskan revolusi (Furet & Richet, 1989: 37). Penyebab umum terjadinya revolusi prancis antara lain:
a. Adanya paham rationalisme dan aufklarung.   
Rationalisme adalah pahan yang menyatakan bahwa ratio (akal) adalah sumber kebenaran, mereka menentang kekuasaan monarki absolut. Aufklarung adalah paham yang ingin menggunakan rasionalisme untuk kebahagiaan manusia. 
b. Adanya paham romantik. 
Paham romantik adalah paham yang beranggapan bahwa perasaan dan kepribadian lebih tinggi dari rasio (akal). Tokohnya adalah Jean Jacques Rousseau dengan bukunya yang terkenal “Du Contact Social” isinya bahwa manusia dilahirkan bebas dengan hak yang sama.  
c. Pengaruh perang kemerdekaan Amerika
Pemerintah Prancis mengirimkan tentaranya ke Amerika Utara untuk membantu rakyat Amerika Serikat dalam mempertahankan Declaration of Independence menghadapi Inggris, tentara Prancis di bawah Lafayette kembali ke Perancis dengan membawa paham-paham baru tentang hak asasi manusia dan demokrasi.
d. Feodalisme
Paham yang menerapkan pengertian bahwa raja adalah pemilik tanah, yang berhak meminjamkan tanahnya kepada mereka yang dianggap berjasa kepadanya
e. Monarki Absolut yang sangat buruk. Raja berkuasa secara mutlak.

Daftar Pustaka
Furet, F & Richet, D, Revolusi Prancis, (Yogyakarta: Gajah Mada University Prees,1989), hal. 96.

Related Posts:

0 Response to "Revolusi Perancis Dari Tahun 1787-1789"

Post a Comment