Biografi Singkat Fethullah Gulen

Bangsa Turki seakan tidak habis tokoh yang inspiratif bagi bangsanya ataupun bangsa lain. Dari zaman turki saljuk, usmani, revolusi dan di zaman modern saat ini, diantara konflik serta masalah di turki era modern ini muncullah seorang yang mampu mendamaikan masayarakat turki dengan pemikiran – pemikrannya yang moderatnya. “Fethullah Gulen lahir tahun 1941 di Erzurum. Ia dibesarkan dalam keluarga konservatif bersama lima anak laki-laki dan dua perempuan. Ayahnya, Ramiz Efendi, adalah seorang Imam yang dipekerjakan pemerintah. Erzurum terletak di utara-timur Turki...” (Billa, 2011 : 298). Pendidikan Gulen banyak berada pada sekolah yang berkurikum agama sebagai dasarnya, hal ini dikarenakan latar belakang keluarga gulen yang religius. Dalam biografi Gulen disebutkan pada laman resmi indonesia (Fgulen.co.id) bahwa “Sejak belia ia sudah menghafal al Qur’an dan belajar Ilmu Agama di sejumlah Madrasah. Karir pertama saat berusia 14 tahun. Ia juga secara autodidak mempelajari berbagai disiplin ilmu lain terutama Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial seperti fisika, kimia, biologi, geografi, filsafat, juga kesusastraan Timur dan Barat.”
Gulen merupakan seseorang yang agamawan serta tokoh masyarakat turki yang menghasilkan karya dan pemikiran yang moderat dalam pemikirannya, terkenal ide – ide pendidikannya untuk memajukan pendidikan turki, serta dialog antar agama yang bertujuan untuk mendamaikan masyarakat Turki, seperti yang ditulis Dongan Koc (2011 : 189) dalam karyanya berjudul Strategic Defamation of Fethullah Gulen Bahwasanya “Fethullah Gulen is a moderate Turkish Muslim scholar known for his educational and interfaith dialogue activities.” Fethullah Gulen adalah seorang ulama Muslim Turki yang moderat, terkenal di dunia pendidikan serta kegiatan dialog agama. Gulen dari sudut pandang umat Muslim di Turki sebagai pelopor kebangkitan Islam setelah masa – masa kemunduran yang ditandai saat runtuhnya kesultanan Turki Usmani pada tahun 1924 yang dipimpin pada saat itu oleh Mustafa Kemal Ataturk. Dalam hal ini Gulen tidak memprioritaskan Islam sebagai nomer Wahid (nomer satu) tetapi merangkul semua kalangan untuk hidup bersama. 

Gulen seorang pemimpin yang cerdas dan karismatik. Tentulah hal ini didukung kemampuan lainnya yaitu mahir dan menguasi Al-Quran, Hadist dan ilmu agama Islam serta pengetahuan lainnya.Tidaklah mungkin usia 14 tahun tanpa bekal apapun mampu ceramah satu kota ke kota lain dengan baik dan mengembangkan pemikiran Nursi serta mengkolaborasikan Agama dan Sains. Gulen mempunya karismatik tersendiri dari berbagai aspek pada dirinya yang sangat dihormati kaum Muslim Turki ataupu Non Turki dan kaum non muslim. Selain cerdas dan karismatik Gulen juga sederhana, kesederhanaan ini yang mencerminkan pemikiranya saat ceramah bukan hanya teori, tetapi juga mengimplementasikannya secara perbuatan yang nyata.

Related Posts:

0 Response to "Biografi Singkat Fethullah Gulen"

Post a Comment