(diisi oleh Guru Model)
MATA PELAJARAN : ........................................
SEMESTER : ........................................
GURU MODEL : ........................................
TANGGAL PELAKSANAAN LS : ........................................
Waktu Kegiatan
|
..............................menit
(dari jam ...... s/d ..........)
|
Tempat
Kegiatan
|
Kelas :.........................
|
Pengamat
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Agenda Kegiatan Lesson Study
|
Perencanaan (Plan) : .................. (menit)
Pelaksanaan Pembejaran (Do) : .................. (menit)
Diskusi Refleksi (See) : .................. (menit)
|
ISI LAPORAN:
|
|
A. Situasi Pelaksanaan Pembelajaran (antara lain: seting
kelas, pembagian kelompok, media)
B.
Hasil Observasi Pembelajaran
1.
Temuan tentang Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti
c. Kegiatan Akhir
2.
Temuan tentang Kegiatan Pengamat
C.
Diskusi Refleksi
1.
Review alur pembelajaran
2.
Komentar tentang kegiatan belajar siswa
berdasarkan hasil observasi (bukan opini/teori)
|
Tuban, Agustus
2017
Guru Model
_________________________
FORMAT OBSERVASI
PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN LESSON STUDY
(diisi
oleh Observer)
A. Apakah
semua siswa benar-benar telah belajar tentang topik pembelajaran hari ini?
Bagaimana proses mereka belajar? (disertai
fakta kongkrit dan alasannya)
|
B. Siswa mana yang tidak dapat mengikut kegiatan
pembelajaran pada hari ini? (harus
didasarkan pada fakta konkrit yang diamati dengan disertai nama siswa)
|
C. Mengapa siswa tersebut tidak dapat belajar
dengan baik? Menurut Anda apa penyebabnya dan bagaimana alternatif solusinya
menurut Anda?
(disertai alasan, analisis yang mendalam,
dan jika mungkin dasar rujukan yang sesuai)
|
D. Bagaimana usaha guru dalam mendorong siswa
yang tidak aktif untuk belajar?
|
E. Pelajaran berharga apa yang dapat Anda
petik dari pengamatan pembelajaran hari ini?
Catatan: Aspek-aspek lain yang dapat
dicermati oleh observer antara lain difokuskan pada interaksi antar siswa
dalam satu kelompok, interaksi siswa antar kelompok, interaksi siswa - guru,
interaksi siswa - media/ sumber belajar, serta interaksi siswa - lingkungan.
|
Tuban,
Agustus 2017
Observer
_________________________
FORMAT OBSERVASI
PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN LESSON STUDY
(diisi
oleh Observer)
A. Apakah semua
siswa benar-benar telah belajar tentang topik pembelajaran hari ini?
Bagaimana proses mereka belajar? (disertai
fakta kongkrit dan alasannya)
|
B. Siswa mana yang tidak dapat mengikut kegiatan
pembelajaran pada hari ini? (harus
didasarkan pada fakta konkrit yang diamati dengan disertai nama siswa)
|
C. Mengapa siswa tersebut tidak dapat belajar
dengan baik? Menurut Anda apa penyebabnya dan bagaimana alternatif solusinya
menurut Anda?
(disertai alasan, analisis yang mendalam,
dan jika mungkin dasar rujukan yang sesuai)
|
D. Bagaimana usaha guru dalam mendorong siswa
yang tidak aktif untuk belajar?
|
E. Pelajaran berharga apa yang dapat Anda
petik dari pengamatan pembelajaran hari ini?
Catatan: Aspek-aspek lain yang dapat
dicermati oleh observer antara lain difokuskan pada interaksi antar siswa
dalam satu kelompok, interaksi siswa antar kelompok, interaksi siswa - guru,
interaksi siswa - media/ sumber belajar, serta interaksi siswa - lingkungan.
|
Tuban,
Agustus 2017
Observer
_________________________
FORMAT OBSERVASI
PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN LESSON STUDY
(diisi
oleh Observer)
A. Apakah
semua siswa benar-benar telah belajar tentang topik pembelajaran hari ini?
Bagaimana proses mereka belajar? (disertai
fakta kongkrit dan alasannya)
|
B. Siswa mana yang tidak dapat mengikut kegiatan
pembelajaran pada hari ini? (harus
didasarkan pada fakta konkrit yang diamati dengan disertai nama siswa)
|
C. Mengapa siswa tersebut tidak dapat belajar
dengan baik? Menurut Anda apa penyebabnya dan bagaimana alternatif solusinya
menurut Anda?
(disertai alasan, analisis yang mendalam,
dan jika mungkin dasar rujukan yang sesuai)
|
D. Bagaimana usaha guru dalam mendorong siswa
yang tidak aktif untuk belajar?
|
E. Pelajaran berharga apa yang dapat Anda
petik dari pengamatan pembelajaran hari ini?
Catatan: Aspek-aspek lain yang dapat
dicermati oleh observer antara lain difokuskan pada interaksi antar siswa
dalam satu kelompok, interaksi siswa antar kelompok, interaksi siswa - guru,
interaksi siswa - media/ sumber belajar, serta interaksi siswa - lingkungan.
|
Tuban,
Agustus 2017
Observer
_________________________
LESSON LEARNED
REPORT
(Catatan pengalaman berharga saat mengikuti open lesson dan refleksi pembelajaran untuk seluruh pengamat)
Identitas
Pembelajaran
Mata
Pelajaran: ……………………….. Kelas: ……………….
Jumlah siswa: ………………
Topik:……………………………….
……….
|
Ringkasan
Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan :
Uraikan secara singkat kegiatan awal pembelajaran, dan waktu yang
digunakan
Kegiatan Inti:
Uraikan secara singkat kegiatan inti, dan waktu yang digunakan
Kegiatan Akhir:
Uraikan secara singkat kegiatan akhir, dan waktu yang digunakan
|
Catatan
Penting dari Diskusi Refleksi
Catat poin-poin penting
dalam diskusi refleksi yang nanti sangat berguna di dalam penyusunan laporan
|
Pelajaran
Berharga (lesson learned)
Uraikan secara rinci (sehingga jelas maksud dan
konteksnya) pelajaran berharga yang
Anda peroleh setelah mengamati pembelajaran dan mengikuti diskusi refleksi
ada pembelajaran ini
|
0 Response to "FORMAT LS (LESSON STUDY)"
Post a Comment