PENCARIAN TERPOPULER WARGANET TAHUN 2020


Era Internet of Things atau lebih dikenal dengan istilah IoT menawarkan kemudahan sekaligus tuntutan tersendiri bagi penggunanya jika dilakukan dengan tidak tepat. Tuntutan zaman yang menginginkan serba cepat dalam mengambil keputusan, praktis dalam menjalankan, dan hasil yang terukur, menjadikan teknologi dikembangkan sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan. Penggunaan internet di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pertumbuhan pengguna internet berdasarkan data survei APJII sebesar 8,9% dengan demikian total pengguna internet di Indonesia 73,7% dari populasi keseluruhan. Hal ini juga merupakan dampak dari pandemi yang memaksa sebagian aktivitas masyarakat dilaksanakan secara daring. Pengguna internet atau warganet secara intens masa pandemi ini dari berbagai kalangan usia, pekerjaan, dan ekonomi. Hal ini mendorong terjadinya aktivitas di dunia maya semakin meningkat. Google dalam laman nya "Google Trending in 2020-Indonesia" memaparkan data pencarian paling sering dicari pengguna selama 2020 oleh pengguna internet di Indonesia. Pengelompokan trending selama tahun 2020 dibagi menjadi sembilan kategori.

Pertama, kelompok "Apa itu..." terdiri dari Ghosting, Gabut, Lockdown, Rebahan, dan WFH. Data tersebut menjadi trending selama pandemi yang mana pemerintah menerapkan lockdown dan WFH. Istilah ghosting muncul akhir tahun 2020 yang merupakan sebuah istilah dalam hubungan seseorang yang tiba-tiba menghilang tanpa ada kejelasan. Kedua, kelompok "Bagaimana cara..." yang berisikan Cara Daftar UMKM, Cara Menjadi YouTuber Pemula, Cara Menjadi Reseller, Cara Membuat Hand Sanitizer, dan Cara Menjadi terkenal. Kategori bagaimana cara di dominasi dari latar belakang ekonomi. Aktivitas yang dibatasi dan phk yang dirasakan masyarakat membuat masyarakat mencoba usaha UMKM, menjadi YouTuber untuk mendapatkan pendapatan dari adsense, menjadi reseller sebuah produk, dan menjadi terkenal sebagai usaha meraih kesuksesan. Ketiga, kelompok "Berita" diisi dengan Kartu Pra Kerja, Daftar UMKM Online, Stimulus PLN, Omnibus Law, dan Sunda Empire. Keunikan terlihat pada Sunda Empire yang menempati nomor lima yang mana sempat menyita perhatian sebelum pandemi.

Keempat, kelompok "Film/Tv Series" yang terdiri dari Tilik, Crash Landing on You, Milea, The World of The Married, dan Mariposa. Keenam diisi dengan kelompok "Kepergian Tokoh" yang terdiri dari Nama Glenn Fredly, Didi Kempot, Omas, Kobe Bryant, dan Chadwick Boseman. Keenam, kelompok "Lirik Lagu" diisi dengan lagu Lathi - Weird Genius ft. Sara Fajira, Dynamite - BTS, Psycho - Red Velvet, Cuek - Rizky Febian, Menghapus Jejak mu - BCL ft. Ariel Noah.

Ketujuh diisi Penelusuran Terpopuler dari semua bidang berisikan Virus Corona, PSBB, Kartu Pra Kerja, Sepeda Lipat, dan Odading. Odading merupakan jajan tradisional sudah lama, namun mencuat kembali dengan beredarnya video Ade Lodok yang viral. Kedelapan, kelompok "Resep" terdiri dari DOnat, Dalgona Coffe, Odading, Bakso Mercon, dan Rendang Sapi. Sedangkan kelompok terakhir terkait "Siapa..." diisi dengan Bitang Emon, Hyun Bin, Kim Soo Hyun, Najwa Shihab, dan George Floyd.

Dari data diatas dapat dipahami bahwa trending di tahun 2020 didominasi dengan ekonomi, kesehatan, hiburan, dan kebijakan. Bagaimana dengan dunia pendidikan? Memang trending bukan menjadi tolok ukur satu-satu bahwa dunia pendidikan tidak diperhatikan oleh warganet.

Bagaimana pendidik dengan konten edukasi nya bisa menjadi trending? Apakah cukup dengan setiap hari mengunggah video pembelajaran? Dalam hal ini, Director of YouTube Global Creator & Artist Development Chris Schremp mengatakan algoritme YouTube lebih rumit dari itu, sehingga hanya dengan mengunggah video setiap hari tidak menjadikan video tersebut masuk ke jajaran video yang sedang populer.

Dalam hal ini google memberikan “Apa yang mampu membuat trending di YouTube?”.

1) Dianggap menarik oleh cakupan penonton yang luas

2) Tidak menyesatkan, bersifat clickbait, atau sensasional

3) Memperlihatkan keragaman peristiwa yang sedang terjadi di YouTube dan di seluruh dunia

4) Menampilkan keragaman kreator dan

5) Idealnya, video yang mengejutkan atau benar-benar baru.

Kemungkinan dapat dicoba jika pendidik ingin trending materi pembelajaran nya diusahakan kontekstual dengan kejadian yang baru terjadi dengan penyampaian yang menarik.

Related Posts:

0 Response to "PENCARIAN TERPOPULER WARGANET TAHUN 2020"

Post a Comment