1. Dalam mempelajari sejarah, kita memerlukan konsep berpikir yang tepat agar tidak rancu dengan ilmu-ilmu sosial lainnya. Berikut ini yang temasuk konsep berpikir dalam ilmu sejarah adalah ...
A.
monokronik dan diakronik
B.
sinkronik dan diakronik
C.
anakronisme dan kronik
D.
kronik dan monokronik
E.
anakronisme dan sinkronik
2.
Jika kita mempelajari peristiwa sejarah secara
menyeluruh, meliputi waktu yang panjang, namun terbatas dalam ruang, kita
menggunakan konsep berpikir ...
A.
anakronisme
B.
diakronik
C.
kronik
D.
kronologis
E.
sinkronik
3.
Diakronik berasal dari kata bahasa ... yaitu ...
A.
Belanda, dichcronichte
B.
Yunani, diachronic
C.
Inggris, dichronic
D.
Jerman, dichten
E.
Prancis, de
cronichle
4.
Berikut ini pernyataan yang sesuai dengan konsep berikir
diakronik adalah ...
A.
konsep ruangnya luas meliputi seluruh wilayah
B.
sebuah pristiwa sejarah dapat berdiri sendiri tanpa
disebabkan peristiwa lainnya
C.
konsep waktu dalam peristiwa sejarahnya hanya meliputi
satu masa saja
D.
konsep diakronik membantu memahami perubahan dan perkembangan
yang terjadi dalam perjalanan sejarah
E.
mempelajari peristiwa sejarah secara horisontal
5.
Ketika akan mempelajari peristiwa proklamasi Kemerdekaan
RI, kita perlu juga mempelajari peristiwa Rengasdengklok, perumusan teks
proklamasi, hingga hari pembacaan teks proklamasi tersebut. Hal tersebut sesuai
dengan konsep berpikir sejarah, yaitu ...
A.
diakronik
B.
kronologi
C.
kronik
D.
periodesasi
E.
sinkronik
6.
Sinkronik
berasal dari bahasa Yunani, yaitu ... dan ... yang artinya ...
A.
sin,
kronik, dengan dan waktu
B.
syn,
khronos, singkat dan waktu
C.
sinc,
chronicles, runtut dan catatan
D.
syn,
khronos, dengan dan waktu
E.
syiin,
chromos, catatan dan waktu
7.
Konsep sinkronik dalam mempelajari sejarah artinya ...
A.
mempelajari peristiwa sejarah sesuai dengan waktu
terjadinya
B.
melakukan pengelompokan peristiwa sejarah berdasarkan
ciri khasnya
C.
mempelajari peristiwa sejarah dalam kurun waktu yang
singkat, namun meliputi aspek ruang yang lebih luas
D.
berpikir secara vertikal dalam mempelajari peristiwa
sejarah
E.
melakukan perbandingan dalam setiap peristiwa sejarah
yang terjadi
8.
Konsep berpikir sinkronik dalam mempelajari
peristiwa-peristiwa sejarah akan membutuhkan ...
A.
biaya penelitian yang besar
B.
bantuan ilmu-ilmu sosial lainnya
C.
sumber asli hasil wawancara dengan pelaku sejarah
D.
waktu yang lama untuk membuat analisisnya
E.
perbandingan dengan ilmu sosial lainnya
9.
Salah satu hasil penelitian peristiwa sejarah yang
menggunakan konsep berpikir sinkronik adalah ...
A.
pemberontakan petani Banten tahun 1888
B.
evolusi manusia di muka bumi
C.
sejarah perkembangan industri di Indonesia
D.
kehidupan budaya masa pra aksara
E.
pemerintah Indonesia masa Orde Lama
10.
Dalam sejarah, kita sering menemukan adanya
pengelompokkan peristiwa-peristiwa sejarah ke dalam masa tertentu berdasarkan
ciri-ciri yang sama. Hal tersebut dikenal dengan istilah ...
A.
Anakronisme
B.
Sinkronik
C.
Kronik
D. Kronologi
E. Periodisasi
Soal PAS Sejarah Indonesia (Wajib) Kelas X. 1-10
Soal PAS Sejarah Indonesia (Wajib) Kelas X. 11-20
Soal PAS Sejarah Indonesia (Wajib) Kelas X. 21-30
0 Response to "Soal PAS Sejarah Indonesia (Wajib) Kelas X. 1-10"
Post a Comment