1 Response to "VISI MISI MAN KOTA BATU 2020"

  1. Nama :Rizky Abdillah
    No. Absen : 27
    Kelas:X IPS 4
    Jawaban :
    1. Anakronisme (dari kata Yunani ἀνά ana, "melawan" dan χρόνος khronos, "waktu") adalah ketidaksesuaian kronologis dalam suatu karya, khususnya penempatan seseorang, peristiwa, benda, atau adat-istiadat yang tidak sesuai dengan latar waktunya

    2. Ada dua teori kausalitas yaitu:

    1. Monokausalitas, merupakan teori kausalitas dalam ilmu sejarah yang pertama kali muncul. Dalam teori ini, kausalitas suatu peristiwa, keadaan atau perkembangan dikembalikan kepada satu faktor saja, atau disebut bersifat determinisme (ketergantungan). Satu faktor itu dianggap sebagai satu-satunya faktor yang menjadi faktor kausal.

    2. Multikausalitas, merupakan teori kausalitas yang menjelaskan suatu peristiwa dengan memperhatikan berbagai penyebab. Teori ini didasarkan pada perspektivisme, yaitu mendekati permasalahan dari berbagai segi atau aspek dan perspektif. Teori ini menganggap bahwa bahwa faktor-faktor kausalitas saling memiliki ketergantungan dan saling berhubungan.

    Teori multikausalitas muncul karena kegagalan teori monokausalitas dalam menjelaskan peristiwa, keadaan, atau perkembangan. Contohnya, dengan teori monokausalitas, Perang Dunia Pertama dijelaskan sebagai akibat dari ditembak matinya putra mahkota kerajaan Austria pada tahun 1914. Teori multikausalitas tidak merasa puas bahwa penembakan itu sebagai satu-satunya penyebab tunggal Perang Dunia I, namun disebabkan oleh berbagai faktor menyangkut hubungan internasional pada masa itu.

    3. karena waktu merupakan unsur penting dari sejarah yaitu kejadian masa lalu. Dengan kata lain waktu merupakan konstruksi gagasan yang digunakan untuk memberi makna dalam kehidupan di dunia. Manusia tak dapat dilepaskan dari waktu karena perjalanan hidup manusia sama dengan perjalanan waktu itu sendiri.

    4. Peristiwa sejarah harus disusun secara kronologis karena sejarah merupakan suatu peristiwa sejarah yang dipelajari berdasarkan waktu. Artinya mempelajari sejarah secara secara kronologis bertujuan untuk dapat mengetahui peristiwa sejarah tersebut secara berurutan sesuai dengan bukti-bukti sejarah yang ada. Selain itu dengan menyusun secara kronologis maka peristiwa sejarah tersebut memiliki susunan yang logis.Peristiwa sejarah harus disusun secara kronologis karena sejarah merupakan suatu peristiwa sejarah yang dipelajari berdasarkan waktu. Artinya mempelajari sejarah secara secara kronologis bertujuan untuk dapat mengetahui peristiwa sejarah tersebut secara berurutan sesuai dengan bukti-bukti sejarah yang ada. Selain itu dengan menyusun secara kronologis maka peristiwa sejarah tersebut memiliki susunan yang logis.

    ReplyDelete