FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN


Kegiatan pembelajaran yang dilaksakan dalam kelas tentu saja memiliki tujuan yang akan menjadi target. Media pembelajaran salah satu alat pembantu guru untuk mencapai tujuan pembelajaran, hal ini dengan kata lain media pembalajaran memiliki tujuan. Tujuan media pembalajaran  menurut Latuheru (1988:23) menyebutkan tujuan penggunaan media pembelajaran di sekolah adalah:
a. Pada umumnya media pembelajaran merupakan sesuatu yang baru bagi peserta didik sehingga perhatian mereka tertuju pada materi pengajaran yang menarik disajikan,
b. Dengan menggunakan media pembelajaran dalam suatu proses belajar mengajar peserta didik mendapat kebebasan lebih besar,
c. Meteri pembelajaran dengan media lebih mudah dipahami siswa karena lebih kongkrit,
d. Rasa ingin tahu peserta didik meningkat dengan penggunaan media.
Media pembelajaran dimanfaatkan pasti memiliki tujuan yang diharapkan, menurut Sanjaya (2006:160) mengunakan media pemblelajaran bukan saja mempermudah dan mengefektifkan proses pembelajaran, akan tetapi juga bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik. Kegunaan media pembelajaran bukan berhenti pada bagaimana materi bisa tersampaikan dengan baik kepada siswa akan tetapi juga memberi rasa motivasi kepada siswa untuk membangkitkan rasa ingin tahu terhadap materi. Pendapat lain dikemukakan oleh Arsyad (2011: 26) bahwa fungsi media pembelajaran diantaranya: (1) Memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar. (2) Meningkatkan motivasi dan efisiensi penyampaian informasi. (3) Meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyampaian informasi. (4) Menambah variasi penyajian materi. (5) Pemilihan media yang tepat akan menimbulkan semangat, gairah, dan mencegah kebosanan siswa untuk belajar. (6) Kemudahan materi untuk dicerna dan lebih membekas, sehingga tidak mudah dilupakan siswa. (7) Memberikan pengalaman yang lebih kongkrit bagi hal yang mungkin abstrak. (8) Meningkatkan keingintahuan (curiousity) siswa. (9) Memberikan stimulus dan mendorong respon siswa.
Media pembelajaran dari paparan diatas membahas mengenai tujuan pengunaanya dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran merupakan sebuah alat untuk proses belajar pembelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, motivasi siswa, sehingga terjadi pembelajaran yang afektif dan maksimal. Media pembelajaran dapat berfungsi dengan baik dan maksimal bila pemilihan media tepat, melihat situasi dan kondisi siswa dan sekolah yang memungkinkan untuk diterapkan.

Related Posts:

0 Response to "FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN"

Post a Comment